Senin, 03 September 2012

PROFIL DISTRIK HERAM



BAB I
PENDAHULUAN
1.DASAR HUKUM PEMBENTUKAN DISTRIK HERAM
        Distrik Heram terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Jayapura , Nomor 8 Tahun 2006 , adapun maksud dibentuknya Distrik Heram berdasarkan Perda tersebut dalam Bab II Pasal 2 dijelaskan bahwa Distrik Heram dibentuk dalam rangka memperkecil luas wilayah bawahannya dan memperpendek rentang kendali dalam pelaksanaan tugas-tugas Kepala Distrik dan peningkatan pelayanan dibidang Pemerintahan , Pelaksanaan Pembangunan dan pembinaan Kemasyarakatan.
        Distrik Heram adalah merupakan pemekaran dari Distrik Abepura yang membawahi 3 Kelurahan dan 2 Kampung, yaitu :
1.      Kelurahan Waena
2.      Kelurahan Yabansai
3.      Kelurahan Hedam
4.      Kampung Yoka
5.      Kampung Waena
Adapun batas-batas Wilayah Distrik Heram adalah :
1.      Sebelah Utara Berbatasan dengan Distrik Jayapura Selatan
2.      Sebelah Timur berbatasan dengan Distrik Abepura
3.      Sebelah Barat berbatasan dengan Distrik Sentani Timur Kab Jayapura
4.      Sebelah Selatan berbatasan dengan Distrik Arso Kabupaten Keerom.
2.KONDISI OBYEKTIF DISTRIK HERAM
1.      Peralatan
Adapun Peralatan yang dimiliki oleh Distrik Heram dapat dilihat pada Tabel kepemilikan Sarana dan Prasaranan Kantor yang diperoleh pada Tahun Anggaran 2008  adalah  seperti tersebut dibawah ini :
NO
NAMA BARANG
VOLUME
KONDISI
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
Komputer Pc
Mesin Ketik
Kamera Digital Sonny
Papan Tulis white board
Meja kerja ½ Biro
Kursi Kerja
Meja Kerja 1 Biro
Kursi Kerja Hidrolig
Ac 1 Pk Panasonic
Kursi Sofa Ligna
Kursi stanless Futura
3 unit
2 unit
1 buah
6 buah
18 buah
18 buah
 1  buah
1   buah

  1  unit
  1  set
  3  buah
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik



Sedangkan peralatan inventaris yang diperoleh untuk tahun 2009 adalah  tersebut dibawah ini :
NO
NAMA BARANG
VOLUME
KONDISI
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.

8.
9.
11.
Komputer Pc
Papan Tulis white board
Meja kerja ½ Biro
Kursi Kerja
Lemari arsip
Kursi stanless Futura
Sound system ( Ampli, DVD , Mic ( 4 ), speaker  4 bh )
Meja Rapat
Papan Nama Pejabat
Papan majalah dinding
2 unit
2 unit
1 buah
6 buah
3 buah
50 buah
 1  Paket

2 buah
10 buah
2 buah
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik

Baik
Baik
Baik

2.      JUMLAH PERSONIL PEGAWAI DISTRIK DAN KELURAHAN DI HERAM
Adapun jumlah Pegawai yang ada di Distrik Heram adalah sebanyak 29 Orang dengan perincian 23 Orang Pegawai tetap dan 5 orang Pegawai Honorer, sedangkan di Kelurahan Waena ada 6 Orang Pegawai tetap dan Kelurahan Yabansai 5 orang Pegawai tetap  dan 8 orang honorer sedangkan di Kelurahan Hedam 5 orang Pegawai tetap dan 3 orang Honorer, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada table dibawah ini :
NO
DISTRIK /KELURAHAN
PEGAWAI NEGERI
HONORER
1.
2.
3.
4.
5.
6.
DISTRIK HERAM
KELURAHAN WAENA
KELURAHAN YABANSAI
KELURAHAN HEDAM
KAMPUNG YOKA
KAMPUNG WAENA
23 Orang
5 orang
5 orang
5 orang
-
-
5 Orang
-
8 orang
3 orang
6 orang
6 orang

Jumlah
38 orang
26 orang

3.      PEMBIAYAAN
         Dalam hal Pembiayaan Kantor Distrik Heram Berdasarkan DPA SKPD Nomor : 1.20.13/DPA-SKPD/KOTA – JAP/2009 Tanggal 2 Januari 2009, Distrik Heram memperoleh Dana Rp. 2.393.000.000,-  ( Dua Milyard Tiga Ratus Sembilan Puluh Tiga juta Rupiah ), dengan Rincian sebagai berikut :
NO
URAIAN
JUMLAH DANA
REALISASI( %)
1.
2.
Belanja Tidak Langsung
Belanja Langsung :
1.       Balanja Pegawai
2.       Belanja Barang/Jasa
3.       Belanja Modal
1.423.000.000,-

36.900.000,-
561.800.000,-
371.300.000,-
100

100
100
100



J u m l a h

2.393.000,000,-

100

BAB II
KEBIJAKAN DISTRIK HERAM

A.   VISI DAN MISI
Berdasarkan Program Kerja Tahun 2009 yang mengacu kepada Visi dan Misi Distrik Heram , yaitu dengan mengacu kepada VISI : “ Terwujudnya Pemberdayaan Distrik menuju Masyarakat yang tertib maju dan Mandiri “.
Sedangkan untuk mewujudkan dan merealisasikan Visi tersebut , perlu dilakukan langkah – langkah untuk mencapai Visi dimaksud , maka langkah – langkah yang diambil dengan menetapkan Misi sebagai berikut :
1.      Peningkatan Kinerja Aparat dan tertib Administrasi Penyelenggaraan Pemerintahan , Pelaksanaan Pembangunan dan Pembinaan Kehidupan Kemasyarakatan dalam meningkatkan kualitas Pelayanan kepada Masyarakat;
2.      Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dalam percepatan Proses Pembangunan ;
3.      Peningkatan Partisipasi dan Swadaya Masyarakat dalam Proses Pembangunan;
4.      Terciptanya Distrik Heram Kota Jayapura Provinsi Papua sebagai Distrik yang rapih, tertib , indah dan nyaman.
B.                  PELAKSANAAN PROGRAM KERJA TAHUN 2009
1.      Laporan Kerja yang dilaksanakan Tahun 2009;
Rencana Kerja ini adalah merupakan Program kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2009 yang sudah disusun awal Tahun 2009 , yang selanjutnya akan dilaksanakan dalam Pelaksanaan Pemerintahan Tahun 2009, untuk itu kami lampirkan program tahun 2009 adalah tersebut dibawah ini :
2.      KEPALA DISTRIK
Distrik mempunyai Tugas  Memimpin Penyelelnggaraan Pemerintahan , Pelaksanaan Pembangunan dan Pembinaan Kemasyarakatan.
Untuk menyelenggarakan tugas umum Pemerintahan ,sebagaimana dimaksud dalam fasal 3 , Distrik mempunyai Fungsi ;
1.      Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan Masyarakat;
2.      Pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
3.      Pengkoordinasian penerapan dan penegakan Peraturan Daerah Kota Jayapura;
4.      Pengkoordinasian pemeliharaan Prasarana dan fasilitas umum;
5.      Pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan Pemerintahan ditingkat Distrik;
6.      Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kampong dan atau Kelurahan;
7.      Pelaksanaan Pelayanan Masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan kampong / Kelurahan;
8.      Penyusunan program dan langkah-langkah kegiatan pembinaan administrasi dan ketatausahaan ;
9.      Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
3.         SEKRETARIS DISTRIK;
Sekretariat adalah unsure staf mempunyai tugas melaksanakan pembinaan administrasi dan memberikan Pelayanan teknis administrasi kepada seluruh Satuan Organisasi Pemerintahan Distrik.
Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud dalam fasal 7, Sekretariat mempunyai Fungsi ;
1.      Penyusunan rencana Program dan langkah-langkah kegiatan , Pengendalian dan mengevaluasi pelaksanaannya;
2.      Penyusunan Administrasi keuangan dan pelaporan ; dan
3.      Pengurusan tata usaha administrasi kepegawaian , perlengkapan dan rumah tangga.
4.      SUB BAGIAN PROGRAM ;
Sub Bagian Program Mempunyai Tugas menghimpun Data dan menyusun Program serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Program Kerja .
5   SUBBAG UMUM ;
Sub Bagian Umum , mempunyai Tugas melakukan urusan Ketata Usahaan, urusan Rumah Tangga , perlengkapan dan urusan Kesejahteraan Pegawai. 
1.      SUB BAGIAN KEUANGAN;
Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas melakukan Perencanaan Pembiayaan , Perbendaharaan serta Pertanggung Jawaban.
2.         SEKSI PEMERINTAHAN ;
Seksi Pemekrintahan mempunyai Tugas melaksanakan urusan Pemeritahan umum, Kampung dan atau Kelurahan , Administrasi Kependudukan dan Pembinaan Politik.
Untuk Melaksanakan Tugas Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 , Seksi Pemerintahan mempunyai Fungsi ;
1.      Pembinaan dan Pengkoordinasian kegiatan Pemerintahan Umum dalam Wilayahnya,
2.      Pembinaan Administrasi dan Perangkat Pemerintahan Kelurahan / Kampung,
3.      Fasilitasi pemberiaan Hak-hak atas tanah,
4.      Fasilitasi penetapan Lokasi untuk Pembangunan ,
5.      Penanganan Masalah-masalah Pertanahan di Wlayahnya, dan
6.      Pelaksanaan Tugas –tugas lain yang diberikan oleh Kepala Distrik .
7.         SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT;
Seksi Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dibidang Suber Daya Manusia, Perekonomian Masyarakat dan Lingkungan hidup, Perekonomian Masyarakat dan Lingkungan Hidup.
Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam fasal 15, Seksi Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas :
1.      Pengawasan kegiatan Pertanian , Perindustrian , Perdagangan dan Pembagian Keuangan,
2.      Pembinaan Masyarakat Pedagang, Pelaku ekonomi dilingkungan Pasar,
3.      Pengawasan dan Pengendalian terhadap pedagang barang dan jasa,
4.      Fasilitas penyehatan lingkungan.
8.         SEKSI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN ;
Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas melaksanakan pembinaan Ketentraman dan ketertiban Masyarakat serta Pembinaan Polisi Pamong Praja.
Untuk melaksanakan Tugas Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 , Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas ;
1.      Pembinaan kerukunan hidup Masyarakat,
2.      Pengawasan dan Penegakan Peraturan Daerah,
3.      Pengawasan terhadap tanah-tanah asset Pemerintah Daerah dan Penegakan Hukum di Tingkat Distrik ,
4.      Pelaksanaan terhadap swakarsa Masyarakat dalam Pengamanan Lingkungan,
5.      Pelaksanaan Tugas lain yang diberikan oleh Kepala Distrik.
9.         SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL;
Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan penyusunan rancangan program bidang kesejahteraan Sosial, dan melaksanakan pembinaan Kesejahteraan social.
Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 19 , seksi kesejahteraan social mempunyai fungsi ;
1.      Pembinaan Keagamaan dan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang maha Esa,
2.      Fasilitasi Organisasi Sosial dan bantuan Sosial;
3.      Fasilitasi Pemberantasan Penyakit menular dan perbaikan Gizi Masyarakat;
4.      Fasilitasi Usaha Kesehatan Masyarakat dan Keluarga Berencana;
5.      Fasilitas Peran serta masyarakat dalam bidang Pendidikan;
6.      Pelaksanaan Tugas lain yang diberikan oleh Kepala Distrik.


10.     SEKSI PELAYANAN UMUM;
Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas melakukan penyusunan standar dan  dan prosedur pelayanan umum, meliputi kebersihan serta sarana dan prasarana umum.
Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 21, Seksi Pelayanan Umum mempunyai fungsi ;
1.      Pengadaan sarana kebersihan berupa tempat pembuangan sementara / bak sampah untuk menampung sampah warga masyarakat setempat,
2.      Pengawasan dan pemeliharaan jalan Distrik ,Kelurahan dan Kampung;
3.      Pengawasan bangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah , swasta maupun Masyarakat .
Dengan berpedoman kepada Misi  dan berdasar kepada Tugas Pokok dan Fungsi dari masing- masing Sub bagian / Seksi  yang ada dalam Organisasi Distrik ,  maka dibawah ini akan diuraikan Tugas Pokok dan Fungsinya sesuai dengan Program kerja Tahun 2009 yang telah berjalan dan dilaksanakan oleh masing-masing bagian,  Sub bagian dan Seksi yang ada , yaitu :
1.      KEPALA DISTRIK
Bertugas  : Memimpin Penyelenggaraan Pemerintahan , Pelaksanaan Pembangunan dan Pembinaan kehidupan Kemasyarakatan .
Berfungsi :Menyelenggarakan Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan dan Pembinaan kehidupan kemasyarakatan di Distrik Heram, Perumusan kebijakan tehnis Pemerintahan di Wilayah Distrik Heram, dan melaksanakan sebagian kewenangan Pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota .
Penjelasan: Bahwa sesuai dengan Tupoksi Kepala Distrik yang merupakan perpanjangan tangan Walikota Kepadanya maka sudah melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan kewenangan yang diberikan kepadanya , terbukti dengan berjalannya roda Pemerintahan , berjalannya tugas Pembangunan dan terbinanya hubungan Kemasyarakatan yang baik dan harmonis,  baik itu dengan sesama warga Masyarakat , Tokoh agama, Tokoh Adat ( Ondoafi , Kepala Suku ) , Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dengan Pemerintahan Distrik Heram.
2.      SEKRETARIS DISTRIK.
Adapun Pelaksanaan Tugas yang telah dilaksanakan oleh Sekretaris Distrik selama Tahun 2009 adalah :
1.      Memberikan Pelayanan Administrasi kepada seluruh Perangkat Pemerintahan yang ada di Distrik , yaitu dengan :
Memberikan Pembinaan dan Pelayanan Administrasi Kepegawaian terbukti dengan adanya beberapa Pegawai yang mengalami kenaikan Pangkat dan mengusulkannya kepada Badan Kepegawaian Kota Jayapura untuk diproses kenaikan pangkatnya. Adapun Nama – Nama Pegawai yang mengalami kenaikan Pangkat  Tahun 2009 adalah sebagai berikut :


NO
NAMA DAN NIP
JABATAN
KENAIKAN PANGKAT
TMT
LAMA
BARU
1.



2.


MARTHEN RONNY J. NASSA
NIP.


ADOLOF OHEE
NIP.

Plt.Kasi Pemberdayaan Masy

Staf Pelay. Umum
III/a



II/a
III/b



II/b
01-03-2009



01-03-2009
        
Selain itu juga mengusulkan Para Pegawai untuk dibuat surat Kenaikan Gaji Berkala ( KGB ), yaitu seperti yang tertera dibawah ini :
NO
NAMA DAN NIP
PERIODE
KET
1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.
THONCE SIBRI ,SH
NIP.
SOLEMAN ANINAM, S.IP
NIP.
SAHARUDDIN,S.SOS
NIP.
MAYKO ED.KOIBUR, ST
NIP.
HENDERIKA KAMBU
NIP.
SUMANTRI PURWOKO
NIP.
YAPET MODOUW
NIP.
YOSEFINA MARUNGGU, S.SOS
NIP.
BETTY MAKANUAY
NIP.
HANA, SE
NIP.
FRANS MEBRY
NIP.



1 OKTOBER 2009




2.      Pembinaan dan Pelayanan Administrasi Keuangan
Dalam Pelayanan Administrasi Keuangan Distrik Heram Berdasarkan DPA SKPD Nomor : 1.20.13/DPA-SKPD/KOTA – JAP/2009 Tanggal 2 Januari 2009, Distrik Heram memperoleh Dana Rp. 2.393.000.000,-  ( Dua Milyard Tiga Ratus Sembilan Puluh Tiga juta Rupiah ), dengan Rincian sebagai berikut :
NO
URAIAN
JUMLAH DANA
REALISASI( %)
1.
2.
Belanja Tidak Langsung
Belanja Langsung :
4.      Balanja Pegawai
5.      Belanja Barang/Jasa
6.      Belanja Modal
1.423.000.000,-

36.900.000,-
561.800.000,-
371.300.000,-
100

100
100
100



J u m l a h

2.393.000,000,-

100

A.      Belanja tidak langsung
Belanja tidak langsung tersebut diatas sebesar Rp. 1.423.000.000,- digunakan untuk membayar Gaji PNS dan tunjangannya dan  tambahan penghasilan berdasarkan beban kerja dan berdasarkan prestasi kerja bagi para Pejabat dilingkungan Distrik Heram. 
B.      Belanja Langsung berdasarkan Program dan Kegiatan
a.   Program Pelayanan Adminstrasi Perkantoran dengan jumlah dana sebesar Rp. 258.700.000,- digunakan untuk membiayai program kegiatan :
1.      Penyediaan Jasa Surat menyurarat sebesar Rp.6.000.000,-
2.      Penyediaan Jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik Rp.16.000.000,-
3.      Penyediaan Jasa Peralatan dan Perlengkapan Kantor Rp.5.400.000,-
4.      Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan kendaraan Dinas/operasional Rp.8.700.000,-
5.      Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan Rp.12.000.000,-
6.      Penyediaan Alat Tulis Kantor Rp.12.000.000,-
7.      Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan Rp.24.030.000,-
8.      Penyediaan komponen instalasi listrik / penerangan bangunan kantor Rp. 1.170.000,-
9.      Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi Rp. 173.400.000,-
b.      Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur,
1.      Pemeliharaan Rutin berkala gedung Kantor Rp.20.300.000,-

c.       Program Peningkatan Dispilin Aparatur ,
1.      Pengadaan pakaian Dinas berserta perlengkapannya, Rp.41.000.000,-
d.      Program peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam membangun Desa
1.      Pemberdayaan Distrik Rp. 650.000.000,-, yang terdiri dari :
a.      Belanja Barang dan Jasa sebesar Rp. 253.800.000,-digunakan untuk belanja barang dan Jasa sebagai berikut :
1.      Belanja peralatan kebersihan dan bahan pembersih ;
2.      Belanja Jasa Kantor;
3.      Belanja Jasa Kantor Lainnya , yang terdiri dari :
a.      Pembuatan Peta Dasar dan Profil Distrik Heram
b.      Bantuan Ekonomi Produktif;
c.       Pengembangan Paud Yabansai;
d.      Belanja Cetak dan Penggandaan;
e.      Belanja Sewa  Perlengkapan dan peralatan kantor;
f.        Belanja Cetak dan Penggandaan;
g.      Belanja Makan dan minuman acara kegiatan;
h.      Belanja Perjalanan Dinas dalam Daerah.
b.      Belanja kegiatan Penyelenggarana Pemerintahan Umum, Rp. 145.500.000,- digunakan untuk membiayai kegiatan yang terdiri dari  :
1.                  Peringatan Hari-hari Besar Nasional
2.                  Kebersihan Lingkungan di Wilayah Distrik Heram
3.                  Belanja penyelenggaraan PKK Distrik;
4.                  Pengobatan Massal
5.                  Pasar Murah,
c.       Belanja Pemeliharaan Aliran sungai dan Kali Rp. 30.000.000,-
d.      Belanja Modal sebesar Rp. 371.300.000,-terdiri dari :
1.      Belanja Modal peralatan kantor
2.      Belanja modal Perlengkapan Kantor
3.      Belanja modal pengadaan alat-alat studio
4.      Belanja modal kontruksi jalan
5.      Belanja Modal Kontruksi/pembelian bangunan/tempat lainnya
6.      Pembangunan Posyandu.
3.      Pengendalian Surat Masuk dan Surat Keluar.
Untuk Pelayanan Surat-surat masuk dan keluar selama tahun 2009 dapat kami sajikan pada table yang tersebut dibawah ini :

NO
JENIS SURAT
BANYAKNYA
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
Surat Masuk dari semua instansi/
Surat Keluar untuk semua stock holder
Surat – surat Keterangan
Surat Undangan Masuk
Surat Undangan Keluar
Surat Pengantar
Nota Dinas
Surat Keputusan Kepala Distrik
370 lembar
306 lembar
17 lembar
143 lembar
53 lembar
6 lembar
4 lembar
3 buah

J u m l a h
902 lembar

4.      Jumlah barang Perlengkapan Kantor yang ada pada Kantor Distrik Perolehan Tahun Anggaran  2009.
NO
NAMA BARANG
VOLUME
KONDISI
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
Komputer Pc
Papan Tulis white board
Meja kerja ½ Biro
Kursi Kerja
Lemari arsip
Kursi stanless Futura
Sound system ( Ampli, DVD , Mic ( 4 ), speaker  4 bh )
Meja Rapat
Papan Nama Pejabat
Papan majalah dinding
2 unit
2 unit
1 buah
6 buah
3 buah
50 buah
 1  Paket

2 buah
10 buah
2 buah
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik

5.   Jumlah Kegiatan Fisik yang menggunakan Dana Pemberdayaan Distrik  yang diinvestasikan kedalam  Aset Tetap dan merupakan Hibah kepada Kelurahan dan Kampung yang diperoleh pada Tahun 2009 adalah yang tersebut dibawah sebagai berikut :


NO
NAMA PEKERJAAN
VOLUME
JUMLAH DANA
1.

2.
3.

Pembuatan Jalan Lingkungan di Kelurahan Waena
Pembangunan  Posyandu
Pembuatan Jalan setapak di Kampung Waena
P=145
L=3,00
1 Unit
P=132 m
L=1,20 m
60.000.000,-

60.000.000,-
50.000.000,-

Jumlah
170.000.000,-

6.      Selain itu juga ada kegiatan  Mewakili Kepala Distrik dalam setiap Kegiatan Acara mewakili apabila Kepala Distrik berhalangan hadir .
3.      SUB BAGIAN PROGRAM
Sub Bagian Program Mempunyai Tugas menghimpun Data dan menyusun Program serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Program Kerja . Adapun Data dan Program kerja yang telah dilaksanakan oleh Sub Bagian Program Tahun 2009 adalah :
1.      Melaksanakan Musrembang Distrik pada tanggal 27 Maret 2009, dan menghimpun seluruh usulan dari Kelurahan dan Kampung yang akan dijadikan materi dalam Musrembang Distrik, dan merekap seluruh usulan Kelurahan dan Kampung untuk dibawa kedalam Musrembang Tingkat Kota Jayapura.
2.      Menampung seluruh usulan Program Kegiatan dari Warga Masyarakat yang berasal dari Kelurahan dan Kampung yang tidak terakomodir dalam Musrembang Distrik Tahun 2009, untuk diajukan dalam Musrembang Tahun mendatang.
3.      Sebagai Anggota Panitia Pengadaan barang dan Jasa Distrik Heram, karena Distrik Heram Mengelolah beberapa kegiatan Fisik dan Pengadaan sesuai dengan DPA Distrik Heram Tahun 2009.
4.      Membantu PPD Distrik dalam Pelaksanaan PEMILU Legislatif dan PEMILU Pemilihan Presiden Wakil Presiden dan sebagai Bendahara PPD Distrik Heram Tahun 2009.
5.      Melaksanakan dan mengikuti Rapat – rapat yang berkaitan dengan Program Pembangunan atas Perintah Kepala Distrik.
4.         SUB BAGIAN UMUM
1.      Melaksanakan pencatatan surat masuk keluar
2.      Melaksanakan pelayanan Administrasi surat menyurat
3.      Melaksanakan pelayanan kepada Masyarakat
4.      Membuat surat keluar atas perintah Kepala Distrik terlebih dahulu diperiksa konsepnya oleh Sekretaris Distrik
5.      Membuat surat usulan kenaikan gaji berkala dan kenaikan pangkat para pegawai yang telah masuk waktu pengusulannya,
6.      Membuat Kartu Inventaris Barang masing – masing Ruang kerja
7.       Mencatata daftar acara Kepala Distrik di papan daftar acara
8.      Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Distrik .

5.      SUB BAGIAN KEUANGAN
1.      Membuat daftar rencana pembiayaan keuangan,
2.      Peñata usahaan Keuangan ( Perbendaharaan )
3.      Membuat Pertanggung Jawaban Keuangan
6.      SEKSI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN
Dalam melaksanakan Tugas pada seksi Trantib , maka hal yang telah dilaksanakan dalam tahun 2009 adalah sebagai berikut :
a.      Membentuk Tim Penertiban untuk;
1.      Menertibkan Pangkalan – pangkalan Ojek dan Rental-rental mobil yang beroperasi di Wilayah Distrik Heram;
2.      Menertibkan Lokasi dan Petugas Parkir
3.      Melaksanakan Penertiban ijin-ijin Usaha
4.      Menyediakan daftar hadir Pegawai dan jadwal apel pagi pegawai
5.      Membuat Jadwal Piket Harian Pegawai Distrik Heram
6.      Mengkoordinasikan Petugas apel sesuai dengan Jadwal Piket 
7.      Menata berfungsinya Terminal Umum sementara di depan Museum Waena baik pada saat  sebelum penggunaan maupun setelah penggunaannya;
8.      Penertiban ijin – ijin kerjasama dengan Seksi Ekonomi diantaranya : SITU, SIUP , IMB, Rumah  makan, Restoran, Bar dan Panti Pijat.
9.      Menertibkan Pedagang Kaki Lima.
10.  Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Distrik  .
b.      Melaksanakan Penyuluhan Hukum kerjasama Biro Hukum Provinsi Papua(Oke )
7.      SEKSI PEREKONOMIAN ( batas yang mau diolah )
Untuk Seksi Perekonomian mempunyai Tugas Pakok yaitu melaksanakan Pembinaan dan  Pengawasan , kegiatan Pertanian dan Perdagangan serta Perimbangan Keuangan. Adapun Pelaksanaan Tugas Seksi Perekonomian yang telah dilaksanakan pada tahun 2009 sesuai dengan Program Kerja yang telah disusun  adalah :  
1.      Pendataan Dunia Usaha di Wilayah Distrik ;
2.      Pendataan Ekonomi Produktif bagi Masyarakat asli Papua;
3.      Pembangunan Los / Pasar Penyangga Koyabu;
4.      Pemindahan Para Pedagang yang berada diareal pinggir Jalan raya menempati los Pasar Penyangga Koyabu;
5.      Pelaksanaan Program Respek PNPM mandiri  di Tiap Kelurahan dan Kampung;
6.      Penerbitan  Rekomendasi SITU kepada Usaha – usaha baru ;
7.      Pelatihan Tim Pelaksana Kegiatan Distrik Program Mandiri Respek;
8.      Pencairan Dana Respek per tahapan Kegiatan.
Berikut ini kami sajikan data banyaknya Pengurusan Rekomendasi SITU dan Realisasinya selama tahun 2008 di Distrik Heram, dapat dilihat pada Tabel di bawah ini sebagai berikut :

JENIS SURAT
KELURAHAN
KAMPUNG
JUMLAH
HEDAM
YABANSAI
WAENA
YOKA
WAENA
Rekomendasi SITU
2
9
27
-
-
38
jumlah
2
9
27
-
-
38

8.            SEKSI INFOKOM
Adapun untuk Pelaksanaan tugas  dari Seksi Infokom selama tahun 2008 adalah sebagai berikut :
1.      Membuat Pengumuman baik di Media Cetak maupun lewat RRI tentang Alamat Kantor Sementara Kantor Distrik  Heram , karena ditempat awal beroperasinya kantor Distrik , diadakan Pembangunan Kantor Distrik yang baru.   
2.      Menginformasikan tentang HUT I Distrik Heram dan pelaksanaan berbagai macam kegiatan dalam rangka HUT I Distrik Heram, adapun tema yang ditelorkan dalam rangka HUT I Distrik Heram adalah : “MEMBANGUN DENGAN HATI” .
3.      Menyampaikan Informasi sekaligus memberitahukan Kepada Warga Masyarakat ,Tokoh adat, tokoh agama , tokoh pemuda, tokoh perempuan, kepala-kepala Kelurahan dan Kampung serta  Kepala – Kepala Sekolah dan PKK Distrik, Kelurahan dan Kampung, tentang Pelaksanaan MUSREMBANG tingkat Distrik untuk Tahun Anggaran 2009.
4.      Mengikuti Kegiatan Acara Bedah Kampung bersama Kepala Distrik , Sekretaris Distrik kerjasama dengan Dinas Infokom Kota Jayapura di Aula RRI Regional V Jayapura.
5.      Kunjungan Kerja Kepala Distrik di Kelurahan dan Kampung se Distrik Heram pada tanggal 9, 16, 23, 26, 30 bulan April 2008 untuk menggali gagasan / masukan dari Warga Masyarakat tiap Kampung dan Kelurahan.
6.      Membuat Pengumuman kepada Warga Masyarakat yang berjualan dipinggiran Jalan untuk pindah di Pasar Koyabu yang sudah disiapkan .
7.      Pembahasan Pembangunan Jalan Layang di Aula Distrik Heram dan dilanjutkan dengan rapat lanjutan di Kampung Yoka yaitu di para-para adat di Kampung Yoka.
8.      Pelantikan Pengurus KOSGORO Tingkat Distrik Heram bertempat di Aula Distrik Heram.
9.      Kegiatan Reboisasi / Penanaman Pohon di Kali Kampwolker Kelurahan Yabansai.
10.  Rapat usulan Pembentukan Polsek di Wilayah Distrik Heram.
11.  Pertemuan pembahasan pengoperasian terminal sementara batas Kota

12.  Menyamapaikan Pengumuman lewat RRI Regional V Jayapura untuk Supir-supir Taxi Jurusan Abe – Sentani dan abe –waena dan juga kepada seluruh warga Masyarakat tentang pemberlakuan terminal sementara batas Kota di depan Museum Provinsi Papua di Waena Distrik Heram Kota Jayapura.
13.  Rapat pembentukan Panitia HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke 63 Tahun 2008 .

9.      SEKSI KEPENDUDUKAN
Adapun Pelaksanaan Tugas yang dilaksanakan oleh Seksi Kependudukan selama tahun 2008 adalah :
1.      Pendataan Penduduk kerjasama dengan Ketua-ketua RW/RT untuk menyaring Jumlah Penduduk dalam rangka persiapan PEMILU LEGISLATIF, pemilihan Presiden dan Wakil presiden,  PILKADA Kota Jayapura dan Gubernur Provinsi Papua.
2.      Pelayanan KTP dan KTK , ada sebanyak  10.373 lembar KTP yang diterbitkan dan ada 2.700 set KTK yang diproses selama tahun 2008.
10.  SEKSI SOSIAL BUDAYA
Untuk Pelaksanaan Tugas Seksi Sosial Budaya selama tahun 2008 yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut :
1.      Melakukan Pendataan dan menginventarisir bantuan social berupa :
a.      Proposal bantuan dari Masyarakat
b.      Organisasi Sosial, tempat-tempat Ibadah , Organisasi Keagamaan , Panti Asuhan, Panti Pijat, asrama Mahasiswa, sekolah – sekolah.
2.      Melakukan Penyuluhan Sosial kepada Karang Taruna, Pemuda Pemudi Putus Sekolah dan anak jalanan.   
11.  SEKSI KEBERSIHAN DAN PEMAKAMAN
Adapun Tugas Seksi Kebersihan dan Pemakaman untuk tahun 2008 yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut :
1.      Menyusun Jadwal kerja bakti setiap hari Jumat sebulan sekali kerjasama dengan Masyarakat RT/RW dan Kepala Kelurahan dan Kampung se-Distrik Heram,
2.      Melaksanakan kerja bakti bersama antar para Pegawai , Masyarakat dengan Kepala Kelurahan dan Kampung sesuai dengan Jadwal yang  telah disusun.
3.      Menerima Proposal untuk melaksanakan kebersihan Lingkungan yang sumbernya berasal dari Organiasasi Pemuda, Mahasiswa dan Kelompok Masyarakat yang selanjutnya diwujudkan dalam bentuk kerjasama pembersihan lingkungan.
12.                          SEKSI SARANA DAN PRASARANA
Adapun Pelaksanaan Tugas yang dilaksanakan oleh Seksi Sarana dan prasarana selama tahun 2008 adalah :
1.      Melaksanakan monitoring terhadap Perencanaan Terminal penumpang sementara sentani-waena
2.      Pembangunan Pos Jaga untuk pengamanan beroperasinya terminal sementara Sentani – waena,
3.      Mengadakan Penimbunan lokasi penggunaan terminal sementara sentani – waena di depan Museum Provinsi di Waena,
4.      Pembangunan MCK sebanyak 2 unit dengan ukuran 2 X 2 M2
5.      Mengadakan Penataan los/ tempat jualan pasar koyabu serta mengadakan Pengecatan tempat – tempat  jualan ,
6.      Lewat dana Pemberdayaan Distrik mengadakan lelang Pekerjaan Fisik untuk kegiatan :
a.      Pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang dengan Kontruksi Kayu yang dianggarkan dananya sebesar Rp. 70.000.000,-( selesai 100 % )
b.      Pembangunan Posyandu 1 unit dengan Dana Rp. 60.000.000,- ( selesai 100%)
c.       Pembangunan Tugu Batas Wilayah 2 buah , yang merupakan Batas Wilayah antara Heram dengan Distrik Abepura dan antara Distrik Heram dengan Kabupaten Jayapura dalam hal ini Distrik Sentani Timur dengan nilai Rp.20.000.000,-( Selesai 100 % )
d.      Pembuatan Jalan Lingkungan di Kampung Yoka dengan menggunakan Dana sebesar Rp. 95.000.000,- ( selesai 100% )    
e.      Perbaikan Jalan Lingkungan di Kelurahan Yabansai yang menelan dana sebesar Rp. 70.000.000,-( selesai 100 % )
f.        Pengadaan Sarana Perlengkapan Kantor dengan dana sebesar Rp.32.350.000,-( Selesai 100 % )
13.  SEKSI PEMERINTAHAN
Tugas yang telah dilaksanakan oleh Seksi Pemerintahan selama tahun 2008 adalah sebagai berikut :
1.      Melaksanakan pembinaan Administrasi Umum Kelurahan dan Kampung;
2.      Pemutahiran Data RT/RW termasuk Penerbitan Surat Keputusan Jabatan Ketua RW/RT se Distrik Heram;
3.      Pendataan Kelembagaan adat;
4.      Pendataan Monografi Kelurahan Kampung;
5.      Pembuatan Tapal Batas Wilayah;
6.      Mengatur Jadwal Kepala Distrik untuk turun langsung ke Kelurahan /Kampung ;
7.      Penataan buku Administrasi Pertanahan dan mengatur jadwal pemrosesan pelepasan Hak atas tanah adat.
8.      Sebagai Pejabat sementara Kepala Kampung Yoka sehubungan dengan berakhirnya masa kepemimpinan Kepala Kanpung Yoka atas nama Bapak SELCIUS MAKUBA.
9.      Mengadakan pemetaan batas wilayah Kampung / Kelurahan.
Berikut ini kami sampaikan pula Pelaksanaan Tugas Kepala Kelurahan dan Kampung se Distrik Heram yang diuraikan seperti tersebut dibawah ini :
A.      KELURAHAN YABANSAI
1.      Perbaikan Jalan Lingkungan
2.      Pelayanan administrasi atau surat pengantar meliputi KTP, IMB, SITU Keterangan Domisili , Keterangan ahli waris , Nikah/cerai, keringanan Biaya Perawatan/Pendidikan dan surat surat lainnya yang berhubungan dengan kepentingan warga
3.      Memberhentikan dan mengangkat ketua RW/RT dan membuat Surat Keputusan pengangkatan dan pemberhentian RT/RW,
4.      Mengadakan pertemuan rutin dengan RT / RW beserta Masyarakat
5.      Mengadakan koordinasi baik secara kedalam dengan Kepala Distrik dan Walikota maupun instansi lintas sector lainnya,
6.      Merealisasikan Program Raskin bagi Masyarakat miskin dan mahasiswa
7.      Merealisasikan Dana DP2K kepada Masyarakat dan RT/RW
8.      Merealisasikan Dana Respek ( Bantuan Gubernur Provinsi Papua )
9.      Pembersihan Lingkungan dan Kerja bakti Massal
10.  Melaksanakan Pendataan Penduduk dilingkungan RT / RW
11.  Melaksanakan MUSREMBANG tahun 2008.
B.      KELURAHAN WAENA
1.      Pelayanan administrasi Surat Keterangan seperti SITU, IMB , domisili Penduduk , Keterangan ahli waris , nikah /cerai , keringanan biaya perawatan/pendidikan dan surat-surat lain yang menyangkut kepentingan warga,
2.      Pembangunan 1 unit Posyandu,
3.      Merealisasikan Program Raskin bagi Masyarakat miskin dan mahasiswa
4.      Merealisasikan Dana DP2K kepada Masyarakat dan RT/RW
5.      Merealisasikan Dana Respek ( Bantuan Gubernur Provinsi Papua )
6.      Pembersihan Lingkungan dan Kerja bakti Massal
7.      Melaksanakan Pendataan Penduduk dilingkungan RT / RW
8.      Melaksanakan MUSREMBANG tahun 2008.
9.      Memberhentikan dan mengangkat ketua RW/RT dan membuat Surat Keputusan pengangkatan dan pemberhentian RT/RW,

C.      KELURAHAN HEDAM
1.      Pemberdayaan aparat kelurahan sesuai struktur
2.      Pelayanan administrasi Surat Keterangan seperti SITU, IMB , domisili Penduduk , Keterangan ahli waris , nikah /cerai , keringanan biaya perawatan/pendidikan dan surat-surat lain yang menyangkut kepentingan warga,
3.      Pembangunan 1 unit Posyandu,
4.      Merealisasikan Program Raskin bagi Masyarakat miskin dan mahasiswa
5.      Merealisasikan Dana DP2K kepada Masyarakat dan RT/RW
6.      Merealisasikan Dana Respek ( Bantuan Gubernur Provinsi Papua )
7.      Pembersihan Lingkungan dan Kerja bakti Massal
8.      Melaksanakan Pendataan Penduduk dilingkungan RT / RW
9.      Melaksanakan MUSREMBANG tahun 2008.
10.  Memberhentikan dan mengangkat ketua RW/RT dan membuat Surat Keputusan pengangkatan dan pemberhentian RT/RW,
D.     KAMPUNG WAENA
1.      Peninjauan kembali Sistem Kontrak perjanjian sewa menyewa Kantor Kepala Kampung Waena,
2.      Pelayanan administrasi Surat Keterangan seperti SITU, IMB , domisili Penduduk , Keterangan ahli waris , nikah /cerai , keringanan biaya perawatan/pendidikan dan surat-surat lain yang menyangkut kepentingan warga,
3.      Pembangunan 1 unit Posyandu,
4.      Merealisasikan Program Raskin bagi Masyarakat miskin dan mahasiswa
5.      Merealisasikan Dana DP2K kepada Masyarakat dan RT/RW
6.      Merealisasikan Dana Respek ( Bantuan Gubernur Provinsi Papua )
7.      Pembersihan Lingkungan dan Kerja bakti Massal
8.      Melaksanakan Pendataan Penduduk dilingkungan RT / RW
9.      Melaksanakan MUSREMBANG tahun 2008.
10.  Memberhentikan dan mengangkat ketua RW/RT dan membuat Surat Keputusan pengangkatan dan pemberhentian RT/RW,

E.      KAMPUNG YOKA
1.      Pemilihan kembali Kepala Kampung Yoka dan pembentukan BAMUSKAM kampung yoka yang masih sedang berjalan,
2.      Mengikuti Lomba Tingkat Kampung /  Kelurahan antar Distrik, Kota dan Provinsi serta berhak menyangdang juara 1 Lomba  Kampung / Kelurahan dan memeperoleh Juara 1 tingkat Provinsi Papua dan berhak mewakili Provinsi Papua pada event lomba kampong Kelurahan se Indonesia,
3.      Pelayanan administrasi Surat Keterangan seperti SITU, IMB , domisili Penduduk , Keterangan ahli waris , nikah /cerai , keringanan biaya perawatan/pendidikan dan surat-surat lain yang menyangkut kepentingan warga,
4.      Merealisasikan Program Raskin bagi Masyarakat miskin dan mahasiswa
5.      Merealisasikan Dana DP2K kepada Masyarakat dan RT/RW
6.      Merealisasikan Dana Respek ( Bantuan Gubernur Provinsi Papua )
7.      Pembersihan Lingkungan dan Kerja bakti Massal
8.      Melaksanakan Pendataan Penduduk dilingkungan RT / RW
9.      Melaksanakan MUSREMBANG tahun 2008.
10.  Memberhentikan dan mengangkat ketua RW/RT dan membuat Surat Keputusan pengangkatan dan pemberhentian RT/RW.
A.     











































1 komentar:

  1. sangat menarik ya,semua kabutpaten dan ,juga semua distrik yang prinsipnya gaya gini papua juga bisa membangun.karena membangun itu bukan daari pejabat-pejabat tertinggi saja yang tau membangun tapi gerakan-gerakan seperti ini yang di katakan membangun di suatu daerah.

    BalasHapus